Jumat, 19 April 2013

Tips Tidur Sehat ala Rosululloh SAW


Tidur merupakan kebutuhan pokok manusia dan merupakan nikmat dari Alloh SWT. sebenarnya tidur merupakan aktivitas yang mengembalikan vitalitas tubuh, merelaksasikan otot-otot tubuh dan memperbaharui sel sel yang rusak, hal ini tidak hanya beralasan tetapi seperti yang terkandung dalam surat An-Naba' " Dan kami jadikan tidurmu sebagai pelepas lelah bagimu ". dengan kata lain tidur merupakan kebutuhan yang tidak bisa tidak dan merupakan aktivitas yang dapat memberikan hikmah yang baik bagi kesehatan manusia, Namun dalam era modern ini banyak sekali manusia yang tidak mengetahui bagaimana cara tidur yang baik dan benar . Berikut ini saya berikan Tips dan Trick bagaimana cara tidur yang baik dan benar menurut Rosululloh SAW sehingga Insyalloh akan memberikam manfaat yang baik bagi kesehatan kita, amin.

Berwudulah sebelum tidur.
Disini selain menambah keimanan kita kepada Alloh SWT berwudhu juga mempunyai manfaat bagi kesehatan , adapun manfaatnya adalah sebagai berikut :
Pertama mirilekskan otot-otot sebelum istirahat . mungkin tidak terlalu banyak penjelasan namun pernah dibuktikan dengan ilmu kedokteran bahwa percikan air yang dikarenakan umat muslim melakukan wudhu , hal itu merupakan suatu metode untuk mengendorkan otot-otot yang kaku karena lelah dalam beraktifitas 


Kedua, mencerahkan kulit wajah. Wudhu dapat mencerahkan kulit wajah karena kinerja wudhu ini menghilangkan noda yang membandel dalam kulit. Kotoran-kotoran yang menempel pada kulit wajah kita akan senantiasa hilang dan tentunya wajah kita menjadi cerah dan bersih.

Ketiga, didoakan malaikat. Dalam sabda Beliau yang disinggung pada bagian atas, malaikat akan senantiasa memberikan do’a perlindungan kepada umat muslim yang senantiasa wudhu sebelum tidur. Padahal malaikat adalah makhluk yang senantiasa berdzikir kepada Allah. niscaya do’anya akan senantiasa dikabulkan pula oleh Allah. Oleh karena itu, senantiasa berwudhu itu adalah hal yang wajib kita lakukan.

Tidur jangan kelewat malam
Tidur sebaiknya setelah Isya' sebab apabila larut malam tidak baik, fakta membuktikan bahwa manusia membutuhkan waktu kuranglebih 8  jam untuk tidur, agar proses metabolisme dan proses pengembalian sl-sel yang rusak dapat berjalan secara optimal, namun tidur yang belebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh sebab sebagian fakta mengatakan kebanyakan tidur dapat menyebabkan darah rendah atau kurang darah (animea).

Tidurlah dengan berpakaian yang Pantas
Saat tidur sebaiknya pakai-pakaina yang longgar. jangan memakai pakaian yang ketat sebab pakaian yang ketat dapat menghambat aliran daaraah saat tidur.

Bacalah do’a sebelum tidur.
 Pilihlah salah satu dari contoh doa Rasulullah SAW di bawah ini:
“Bismika Allahumma Amut wa Ahyaa“, yang artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku mati dan hidup”;
“Robbi qinii ‘adzaabaka yawma tab’atsu ‘ibaadaka“, yang artinya: “Ya Robbi, peliharalah aku dari azab-Mu pada hari Kau bangkitkan seluruh hamba-Mu”;
“Alloohumma bismika amuutu wa ahyaa“, yang artinya: “Ya Allah, dengan Asma-Mu aku mati dan aku hidup”;
 “Allahumma aslamtu nafsii ilaika wawajjahtu wajhi ilaika wafawwadhtu amrii ilaika wa alja’tu zhahrii ilaika raghbatan warahbatan ilaika laa malja-a walaa manja-a minka illaa ilaika. Aamantu bikitaabikalladzii anzalta wanabiyyikal ladzii arsalta“, yang artinya: “Wahai Allah, saya menyerahkan diriku kepada-Mu, menghadapkan mukaku kepada-Mu, menyerahkan semua urusanku kepada-Mu, dan menyandarkan punggungku kepada-Mu dengan penuh harapan dan takut kepada-Mu, tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari siksaan-Mu kecuali hanya kepada-Mu. Saya beriman dengan kitab yang Engkau turunkan dari nabi yang Engkau utus”.


Berbalinglah dengan mengarahkan tubuk ke kanan
Berikut Manfaat Tidur Menghadap Ke Sebelah Kanan menurut Penjelasan Medis



Mengistirahatkan otak sebelah kiri.

Secara anatomis, otak manusia terbagi menjadi dua bagian kanan dan kiri. Bagian kanan adalah otak yang mempersarafi organ tubuh sebelah kiri dan sebaliknya. Umumnya kita menggunakan organ tubuh bagian kanan sebagai anggota tubuh yang dominan dalam beraktifitas seperti makan, memegang dan lainnya. Dengan tidur pada posisi sebelah kanan, maka otak bagian kiri yang mempersarafi segala aktiftas organ tubuh bagian kanan akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang melambat saat tidur/diam. Bahaya tersebut meliputi pengendapan bekuan darah, lemak , asam sisa oksidasi, dan peningkatan kecepatan atherosclerosis atau penyempitan pembuluh darah. Sehingga jika seseorang beresiko terkena stroke, maka yang beresiko adalah otak bagian kanan, dengan akibat kelumpuhan pada sebelah kiri (bagian yang tidak dominan).


Mengurangi beban jantung
Posisi tidur kesebelah kanan yang rata memungkinkan cairan tubuh mengalir ke kanan. hal ini menyebabkan baban aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih rendah, dampak positif ini menyebabkan tekanan darah menurun dan menambah kualitas tidur.

Mengistirahatkan Lambung.
ujung katup lambung munuju usus menghadap ke arah kanan, jika tidur menghadap kiri maka proses pengeluaran chime akan sedikit terganggu.hambatan ini lama-kelamaan akan menyebabkan erosi dinding lambung,

Meningkatkan pengosongan empedu,pankreas. adanya aliran chime yang lancar menyebabkan keluaran cairan empedu juga meningkat , hal ini mencegah pembentukan batu kandung empedu.

Meningkatkan waktu penyerapan gizi.
saat tidur pergerakan usus meningkat, dengan posisi sebelah kanan, maka perjalanan makanan yang telah dicerna dan siap diserap akan menjadi lebih lama , hal ini disebabkan  posisi usus halus dan usus besar ada dibawah. waktu yang lama selama tidur menyebabkan penyerapan dapat berjalan secara optimal.


Letakkan tangan kanan di bawaah pipi sebelah kanan


Tidurlah dengan Nyaman


Itulah sedikit tips kesehataan bagi saya mudah-mudahan bemanfaat. jadi setelah mengetahui cara tidur yang baik apakah anda masih dengan gay tidur anda????? silahkan coba dan rasakan perbedanya,

0 komentar:

Posting Komentar